Karir Mandeg? Dongkrak Karir Anda!

6 Jan 2008
Ternyata rajin bekerja, disiplin, dan selalu menuruti perintah bos saja tidaklah cukup untuk membuat karir Anda menanjak. Anda perlu strategi lebih dari sekedar rajin bekerja. Coba intip cara mendongkrak karir berikut ini:

* Sosialisasi dengan karyawan divisi lain
Sosialisasi antar karyawan diyakini akan membantu perkembangan karir Anda. Semakin banyak orang mengenal Anda dan Anda mengenal mereka, semakin besar pula kemungkinan Anda sukses di karir. Karena semakin banyak orang yang mengenal Anda, semakin banyak pula orang yang mengetahui kemampuan Anda. Dan ini membuka peluang dan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan rekomendasi dan promosi jabatan.

* Bina hubungan baik dengan atasan
Anda tidak bisa mengelak untuk berhubungan baik dengan bos. Karena bagaimanapun, bos atau atasan memiliki otoritas terhadap kelanjutan karir Anda. Jika hubungan Anda dengan bos kurang harmonis, bisa jadi karir Anda akan terganjal. Bukankah untuk mendapatkan promosi Anda harus melewati rekomendasi atasan Anda? So, ciptakan hubungan yang paling harmonis dengan si bos. Bukan hanya dengan selalu menuruti perintahnya aja tetapi juga dengan menciptakan komunikasi yang baik.

* Fokuskan keahlian
Anda tidak perlu menonjolkan eksistensi diri di berbagai bidang untuk mendapatkan perhatian lebih dari si bos. Sebaiknya, cukup fokuskan kemahiran Anda di satu bidang yang memang sudah seharusnya Anda kuasai. Dengan cara ini, sangat mudah bagi atasan untuk menilai performa kerja Anda yang tampak menonjol.

* Pelajari teknologi
Untuk mendongkrak karir Anda, Anda tidak bisa menghindari kemajuan teknologi. Karena tak dapat dipungkiri kemajuan teknologi sangat membantu dan memperlancar tugas-tugas Anda setiap hari. Misalnya penggunaan komputer, internet, mesin fax, foto copy, dll. So, sekalipun Anda tidak tertarik dengan teknologi, pelajarilah teknologi. Paling tidak Anda harus memahami dan menguasai teknologi yang berkaitan pekerjaan Anda. Lagipula Anda nggak mau terlihat primitif hanya karena masih berkutat dengan alat-alat yang bersifat manual kan?

* Bergabung dengan organisasi di luar kantor
Membina hubungan dengan suatu organisasi profesi bisa menjadi salah satu lompatan menuju sukses. Bayangkan jika organisasi ini dikenal juga oleh direksi perusahaan tempat Anda bekerja, dan Anda mendapat kesempatan untuk tampil sebagai pembicara di sebuah seminar yang diselenggarakannya. Tentu Anda akan mendapat point tersendiri di mata perusahaan. Sehingga hal ini membuka jalan bagi kesuksesan karir Anda bukan?

* Berani mencoba tantangan
Jangan menolak jika Anda ditawari menangani proyek yang tergolong 'berat'. Ini merupakan kesempatan Anda untuk unjuk gigi. Di saat rekan lain 'ciut', Anda harus berani melakukan gebrakan. Tapi tentu saja jangan cuma bisa sesumbar, persiapkan proyek sebaik mungkin dan kerjakan dengan tekun. Ingat, kesempatan baik ini tidak sering-sering datang loh. Maka manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Bagaimana? Are you ready? Anda yang merasa mentok di karir, coba ikuti strategi tadi. Semoga karir Anda yang tadinya mandeg bisa terdongkrak. Dan bersiaplah untuk sukses...!

1 komentar:

  • joelsukur

    Nice to read it.
    maybe some article on http://abcjobcenter.com will useful for readers