Ukuran Keberhasilan Networking

8 Jan 2008
Ternyata berhasil tidaknya Anda menjalankan jaringan kerja bukan diukur dari sisi Anda mengenal mereka, melainkan dari sisi 'mereka mengenal Anda'. Berikut ini adalah hal-hal yang menandakan bahwa cukup berhasil dalam 'networking':

* Anda bisa leluasa menghubungi mereka lewat telepon tanpa terganjal oleh sekretarisnya. Lebih meyakinkan lagi, jika sekretarisnya juga mengenal Anda dengan baik dan tidak menghalangi Anda untuk berbicara di telepon dengan bosnya.

* Biasanya orang-orang penting memiliki beberapa nomor ponsel untuk beberapa urusan. Dan umumnya, nomor yang lain dipegang oleh asisten atau sekretarisnya. Namun, jika Anda bebas menelepon lewat ponsel yang langsung dipegangnya, merupakan pertanda bahwa Anda sukses menjalin networking dengannya.

* Nomor ponsel Anda tercatat dengan baik dalam catatan telepon di ponselnya. Sehingga sewaktu-waktu mereka juga mudah menghubungi Anda. Begitu juga dengan kartu nama Anda, tersimpan dengan baik dalam buku kartu namanya.

* Anda bisa bertemu secara langsung di kantornya kapan saja tanpa birokrasi yang berbelit. Bahkan Anda bisa bertemu tanpa membuat janji terlebih dahulu. Hal ini juga karena Anda mengenal teman-teman, asisten, sekretaris dan orang-orang yang berhubungan dengannya dengan baik dan mereka pun mengenal Anda dengan baik. Sehingga Anda dengan mudah bisa bertemu dengan mereka sewaktu-waktu.

* Ukuran bahwa mereka mengenal Anda bukan hanya dari Anda bisa menghubungi mereka. Kalau sesekali mereka yang menghubungi Anda secara langsung tanpa melalui asisten atau sekretarisnya, bisa dijadikan patokan bahwa Anda berhasil menjalin hubungan kerja yang baik dengan mereka.

* Anda mudah mendapatkan informasi berharga dari mereka untuk kepentingan kerja Anda. Informasi ini bisa Anda dapatkan dengan menghubunginya atau merekalah yang menghubungi Anda.

* Anda diundang dalam acara-acara bisnis ataupun dalam acara penting yang mereka adakan. Kalau nama Anda dilupakan dalam acara mereka, kayanya Anda belum berhasil menjalin networking dengan mereka.

* Anda bisa memberi referensi kepada orang lain untuk bertemu dengan salah satu dari mereka untuk menjajagi kemungkinan bisnis yang baru.

Bagaimana...? Apakah tanda-tanda di atas sudah Anda rasakan...? Kalau sudah, selamat! berarti Anda telah berhasil menjalin hubungan kerja yang baik dengan mereka. Itu berarti kesuksesan bisnis yang Anda idamkan akan lebih mudah direalisasikan! Tapi ingat, meski Anda memiliki jaringan bisnis yang baik, Anda tetap membutuhkan kerja keras. Karena selain hubungan bisnis yang baik, keberhasilan Anda juga ditentukan oleh kesungguhan dan kerja keras Anda....!

0 komentar: