Mengembangkan Sikap Optimis

6 Jan 2008
Bahkan penelitian menunjukkan bahwa mereka yang optimis memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik, jarang sakit dan berumur lebih panjang. Selain itu orang-orang optimis sulit terserang stres apalagi depresi. So, jika ingin sukses, Andapun harus menjadi pribadi yang optimis. Caranya? Coba simak tips berikut ini:

* Jangan pernah menyesali apa yang telah terjadi. Jika Anda mengalami kemalangan, jangan berlarut-larut meratapinya. Jadikan kemalangan atau kegagalan sebagai pelajaran dan pengalaman berharga untuk maju. Segera bangkit dan lakukan tindakan ke arah perbaikan. Tanamkan dalam diri bahwa Anda pasti bisa berhasil.

* Jangan pernah merasa bahwa nasib Anda lebih buruk dari yang lain. Buang pertanyaan negatif seperti ini: “Kenapa sih nasib saya begini?, Kok gaji saya lebih kecil dibanding dia?, Kenapa saya tidak sepintar dia?”. Lebih baik bersyukur bahwa Anda masih jauh lebih beruntung dari orang-orang di bawah Anda. Dann jangan jadikan orang-orang yang lebih sukses dari Anda sebagai bahan penyesalan, tetapi jadikan referensi untuk sukses.

* Buatlah daftar kelebihan diri Anda. Dengan demikian Anda akan sadar bahwa Anda memiliki banyak asset dan kelebihan. Namun jangan salahgunakan kelebihan yang Anda miliki. Lakukan sesuatu yang berarti dengan kelebihan Anda itu.

* Hilangkan rasa takut dan khawatir yang berlebihan, seperti takut tidak berhasil, takut salah, takut miskin, takut dipecat, dll. Berbagai kekhawatiran dan ketakutan yang Anda rasakan hanya akan memadamkan semangat Anda dalam mencapai sukses. So, jangan bebani pikiran Anda dengan bermacam ketakutan yang tak beralasan. Pede aja lagi!

Nah, sudahkah Anda menjadi pribadi yang optimis? Ingat, hal yang tak kalah penting dalam menciptakan sikap optimis adalah kemauan yang kuat dalam diri Anda! Percuma saja jika Anda menyadari pentingnya sikap optimis namun Anda sendiri tak berniat menumbuhkannya. So, mulailah dari sekarang!

0 komentar: