Sukses Menjalin Jaringan Kerja

6 Jan 2008
So, bagaimana agar networking itu benar-benar bermanfaat bagi diri Anda? Berikut ini 8 kunci sukses menjalin jaringan kerja:

* Jadilah humas untuk diri sendiri
Langkah ini penting agar orang lain tahu kemampuan dan prestasi Anda. Sebarkan sedikit informasi tentang Anda saat bertemu relasi baru. Caranya, ceritakan sekelumit kisah sukses Anda. Lakukan secara proporsional. Buang jauh-jauh sikap menyombongkan diri. Cerita sukses akan memberi kesan kalau Anda antusias dan cinta pada pekerjaan. Jika Anda pernah menghadapi masalah dalam kerja, hindari godaan untuk bercerita pada orang yang tak begitu Anda kenal.

* Bidik sasaran yang tepat
Saat butuh sesuatu Anda harus tahu kemana mencari bantuan. Pikirkan tujuan yang ingin Anda capai. Setelah itu buka daftar jaringan Anda. Pilihlah relasi yang tepat yang bisa memberi hasil cepat. Mengorek informasi juga butuh kesabaran. Jika relasi tak bisa memberi solusi instan, Anda harus sedikit bersabar. Tunggu sampai kapan ia menghubungi Anda.

* Berbagi hal yang menyenangkan
Banyak kesempatan untuk menjalin hubungan dengan orang lain di sekeliling Anda. Buatlah agar rekan kerja senang dan merasa nyaman bekerja sama dengan Anda. Bila seorang klien mengirim kartu ucapan terima kasih untuk tim kerja, kirim salinannya pada anggota tim kerja dan atasan Anda. Hal yang sama perlu Anda lakukan saat ada rekan lain yang berhasil menggamit klien baru. Kirim kartu berisi ucapan selamat, maka mereka akan tetap mengingat Anda sebagai kolega kerja yang simpatik.

* Bersosialisasi
Jangan terlalu banyak tenggelam di belakang meja kerja. Sesekali hirup udara segar di luar sana. Temui orang-orang yang mempunyai potensi tinggi untuk memajukan karir Anda. Ajak rekan kerja atau klien Anda untuk makan siang bersama. Jangan lupa bekali diri dengan informasi tentang orang yang akan Anda temui.

* Biarkan mereka bicara
Pertama kali Anda bertemu dengan klien cobalah untuk pasang telinga baik-baik. Jadilah pendengar yang baik. Waktu berbicara, perhatikan isi pembicaraannya, dengarkan dengan sabar, jangan sampai terlihat Anda sedang 'menunggu giliran' untuk berbicara. Biarkan ada sedikit jeda untuk menanggapi lawan bicara. Makin banyak Anda bisa membuat relasi bicara, makin banyak informasi yang Anda dapatkan.

* Buang sikap angkuh
Jangan pernah memandang rendah atau sebelah mata terhadap orang yang berposisi lebih rendah daripada Anda. Jangan dikira mereka tak berguna bagi Anda. Siapa tau mereka bisa memperkenalkan Anda pada orang-orang penting yang kebetulan menjadi atasan mereka.

* Buat mereka merasa penting
Buat relasi Anda menjadi orang penting dengan mengingat beberapa detail pribadi. Agar tak lupa catat dalam agenda Anda. Kirim kartu ucapan pada kesempatan hari raya atau ulang tahun. Bukan tak mungkin, sebagai balasan ia akan memberi rekomendasi baik terhadap Anda pada perusahaannya.

* Bergabunglah dalam berbagai kegiatan
Banyak perkumpulan, organisasi, atau klub profesional yang didirikan dengan tujuan untuk membangun jaringan. Agar jaringan Anda semakin mantap, cobalah bergabung di salah satu perkumpulan yang paling sesuai dengan Anda. Bisa organisasi profesional atau sosial lainnya. Ini merupakan cara efektif untuk bertemu, berkenalan dan melakukan kontak dengan orang-orang yang bisa membantu perkembangan karir Anda. Jangan lupa, ikutilah kursus, pelatihan profesional atau milis di internet.

Nah sudahkah Anda melakukannya? Ingat, kemampuan Anda dalam menjalin jaringan kerja, akan memudahkan Anda memasuki pergaulan di dunia profesional. So, jika selama ini Anda 'adem-adem' aja alias nggak pernah memikirkan networking yang baik, coba deh mulai dari sekarang, dan rasakan manfaatnya....!

0 komentar: