Enjoy di Tengah Kesibukan

6 Jan 2008
Mungkin kalau Anda termasuk 'gila kerja', waktu yang tersita hanya untuk pekerjaan tidak menjadi masalah berarti bagi Anda. Tetapi sadarilah bahwa selain untuk bekerja keras, Anda pun harus memiliki waktu pribadi untuk menikmati hidup yang indah ini. Karena itu antara karir dan kehidupan pribadi mesti seimbang. Karena sesuatu yang berat sebelah berdampak tidak baik bagi salah satu atau keduanya. So, agar hidup Anda lebih 'manusiawi' simak kiat jitu berikut ini:

* Kerjakan tugas sesuai porsi
Bekerjalah sesuai porsi kerja Anda. Jika ada pekerjaan yang menjadi tanggung jawab bersama bicarakan dengan rekan-rekan satu tim. Dengan demikian waktu Anda tidak akan tersita hanya untuk memikirkan pekerjaan yang semestinya dipikirkan bersama. Selain itu jangan mengerjakan tugas yang bukan tanggung jawab Anda, kecuali jika bos telah mendelegasikannya pada Anda.

* Jangan menunda pekerjaan
Saat tiba di kantor, segera kerjakan tugas-tugas Anda. Semakin awal Anda mengerjakannya semakin cepat pula Anda menyelesaikannya. Sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk hal-hal yang lebih menyenangkan. Tapi ingat, meski cepat mengerjakan tugas bukan berarti Anda mengabaikan kualitas.

* Jangan memaksa lembur
Jika tidak perlu lembur jangan memaksakan diri untuk lembur. Lemburlah jika memang Anda harus lembur. Agar Anda tidak perlu lembur, optimalkan waktu kerja secara efisien. Sehingga saat usai jam kantor, Anda bisa dengan tenang menikmati secangkir teh hangat di rumah atau di kafe bersama keluarga atau kekasih.

* Manfaatkan waktu libur
Habiskan waktu libur Anda dengan hal-hal menyenangkan bersama orang-orang yang dekat di hati Anda. Misalnya saat akhir pekan atau tanggal merah, Anda bisa leluasa melakukan hobi, berkumpul dengan keluarga, sahabat atau pacar, ataupun memanjakan diri dengan merawat tubuh ke salon.

* Manfaatkan waktu cuti
Jangan sia-siakan waktu cuti Anda. Ambillah jatah cuti dan pergilah ke tempat yang tenang serta lakukan hal-hal menyenangkan yang dapat menyegarkan pikiran Anda. Anda bisa memilih tempat seperti pantai, gunung, atau kampung halaman Anda.

* Manfaatkan perjalanan dinas
Jika Anda dinas ke luar kota, nggak ada salahnya sekaligus melakukan kegiatan yang menyenangkan di sana. Misalnya, kalau kebetulan Anda punya sahabat atau family di kota tujuan, Anda bisa sekalian mengunjunginya. Atau bisa juga Anda mengunjungi tempat-tempat wisata di kota tersebut. Jadi sambil menyelam minum air lah. Selama tidak mengganggu tugas, nggak masalah kan?

Dengan demikian walau Anda sibuk beraktivitas, Anda tak akan kehilangan waktu untuk menikmati hidup ini. Sehingga Anda dapat tampil sebagai pribadi yang bersemangat, bergairah, dan lebih manusiawi.

0 komentar: